patum.info

Seputar Informasi Terbaru dan Terupdate
5 Langkah Perawatan Sepeda Motor Sedini Mungkin Agar Pasaran Harganya Tidak Anjlok

5 Langkah Perawatan Sepeda Motor Sedini Mungkin Agar Pasaran Harganya Tidak Anjlok

Memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna kendaraan terpadat, bahkan tingkat kemacetan di kota-kota besar sudah sangat tinggi, hal ini dikarenakan oleh pengguna kendaraan roda dua, faktanya memang dominasi pengguna kendaraan adalah mereka yang memakai motor jika dibandingkan dengan mobil. Harga sepeda motor murah, diimbangi dengan kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi, maka membuat produknya laris manis. Dalam satu keluarga bahkan banyak diantaranya yang memiliki lebih dari satu unit, atau setiap anggota keluarga memilikinya. 

Sehingga tak heran jika seandainya lalu lintas kian lama juga jadi kian padat. Namun di satu sisi dengan memiliki motor sendiri memang memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah aktivitas bisa jadi semakin mudah tanpa harus mengandalkan sarana transportasi umum yang nantinya akan lewat di daerah Anda. Juga tak harus mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk menggunakannya, cukup dengan pengisian bahan bakar saja.

Namun menggunakan sebuah kendaraan roda dua bermesin ini juga harus diimbangi dengan beberapa pengeluaran tambahan, seperti diantaranya adalah biaya bahan bakar ketika digunakan dan tak kalah penting perawatan. Tanpa perawatan sudah bisa dipastikan kondisi kendaraan Anda kian lama juga akan semakin buruk. Apalagi untuk urusan tampilannya, hal ini bisa menyebabkan pasaran harganya juga jatuh semakin besar.

Berikut ini setidaknya ada beberapa cara untuk menjaga agar sepeda motor Anda tetap awet, sehingga harga pasarannya juga tetap tinggi, diantaranya adalah:

  1. Melakukan service secara rutin, service ini hendaknya dilakukan rutin sesuai dengan kebutuhan dari kendaraan tersebut, proses service dilakukan untuk memperbaiki beberapa bagian yang bermasalah, jika masalah bisa dideteksi sedari awal, maka nantinya tak akan bertambah parah, juga kemungkinan menjaga kondisinya agar selalu fit. Sehingga konsumen bisa diberikan kenyamanan ketika menggunakannya.
  2. Biasakan untuk mencuci kendaraan setelah digunakan untuk hujan-hujanan, bukan sebaliknya mencuci memakai air hujan, nyatanya salah satu kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh masyarakat adalah mencuci motor mereka dengan menggunakan air hujan, karena menganggap bahwa air ini efektif dalam membersihkan kotoran, padahal ada sebagian diantara kandungannya yang berasal dari asam, polusi pabrik dan juga sejenisnya, sehingga dapat memicu terjadinya korosi.
  3. Selalu mengecek kondisi aki, bisa dikatakan aki merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah motor, karena jadi sumber tenaga kelistrikan, sehingga harus dipastikan bahwa keberadaannya selalu terisi dengan penuh. Jika sudah mulai habis segera isi dengan yang baru, jadi beberapa komponen layaknya lampu, kemudian juga ada klakson tetap bisa beroperasi dengan baik.
  4. Selalu mengecek kekencangan baut hingga tingkat ketegangan rantai, untuk memastikan semua bisa berfungsi secara normal, tanpa harus takut salah satu komponen akan hilang, maka baut harus selalu dikencangkan, begitu juga dengan rantai harus selalu dalam kondisi tegang, sehingga tarikan kendaraan kian nyaman.
  5. Memakai bahan bakar yang berkualitas, sumber energi yang digunakan agaknya juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan, guna menjamin tarikan kendaraan menjadi lebih ringan, juga tak mengeluarkan emisi terlalu berlebih bagi lingkungan. Akan lebih baik memakai jenis bahan bakar yang sudah direkomendasikan oleh pabrik.

Mudah bukan, hal ini tak hanya berlaku untuk sepeda motor baru saja, melainkan juga yang sudah tua atau usang, sehingga nanti ketika akan menjual harga pasarannya juga tak akan anjlok terlalu besar.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.