patum.info

Seputar Informasi Terbaru dan Terupdate
5 Jenis Servis yang Biasa Ditawarkan Bengkel Motor Resmi

5 Jenis Servis yang Biasa Ditawarkan Bengkel Motor Resmi

Punya kendaraan roda dua memang ada keuntungan tersendiri. Selain lebih fleksibel di jalanan, biaya service-nya tentu lebih terjangkau daripada kendaraan roda empat. Meski demikian, Anda tetap harus rutin membawanya ke bengkel motor untuk servis. Nah, untuk servisnya sendiri di bengkel resmi, ada beberapa jenis yang di antaranya sebagai berikut.

  1. Servis Kilat (Fast Track/Fast Service)

Dilihat dari namanya saja jelas jika servis yang satu ini ditujukan untuk motor yang masih dalam kondisi baik dan hanya membutuhkan sedikit servis. Bagi Anda yang memiliki motor, tentu sudah tahu jika ada 2 jenis oli motor yang harus rutin diganti per bulannya.

Nah, untuk pergantian oli di bengkel sepeda motor ini termasuk dalam servis kilat dan tidak butuh waktu lama seperti halnya servis berkala. Anda juga biasanya tidak harus mengantre untuk bisa mendapatakan layanan yang satu ini.

  1. Servis Menengah (Light Service)

Jika servis kilat termasuk dalam servis ringan, maka untuk servis kedua ini mencakup servis ringan sampai sedang. Anda ingin mengganti salah satu kaca spion yang pecah karena terserempet tembok di rumah?

Nah, penggantian kaca spion ini termasuk dalam penggantian komponen bodi. Sedangkan light service sendiri mencakup pembersihan penggantian komponen bodi, thtrottle body, hingga pemasangan shockbreaker.

  1. Servis Sesuai Pesanan (Service by Booking)

Ternyata booking tidak hanya berlaku pada pemesanan tiket pesawat atai kereta api. Anda juga bisa melakukannya saat ingin servis motor ke bengkel motor terdekat. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari jenis servis ini.

Jadi, tidak hanya hemat waktu dan bebas antre, Anda juga bisa mendapat diskon untuk paket servis lengkap. Anda hanya perlu menghubungi bengkelnya lewat telepon, kemudian tentukan waktu untuk servis.

  1. Servis dengan Perbaikan Berat (Heavy Repair)

Servis keempat inilah yang butuh waktu lebih lama dari jenis servis lainnya. Hal ini dikarenakan tidak hanya melibatkan 1-2 komponen bodi yang harus diservis. Selain itu, Anda jenis servisnya bukan sekadar membersihkan, tapi melepas, mengganti, sampai turun mesin.

Pengerjaan lainnya meliputi pembelahan mesin, press rangka, dan lainnya. Mengingat pengerjaannya yang lama, Anda bisa meninggalkannya di bengkel motor terbaik tersebut dan kembali lagi saat pengerjaannya sudah beres.

  1. Servis Klaim Garansi (Claim Service)

Tidak sedikit konsumen yang mengalami masalah dengan kendaraannya. Entah itu komponen yang rusak karena ulah iseng oknum nakal atau memang rusak karena kecelakaan di jalan, semuanya bisa di-cover oleh bengkel.

Anda hanya perlu mengurus syarat yang diperlukan, kemudian mengajukan klaim sesuai dengan syarat yang tertera saat Anda membeli motor tersebut. Apalagi jika masih dalam masa garansi, Anda bisa mendapat keringanan biaya, bahkan sampai gratis. Satu hal yang terpenting, Anda harus bawa buku servisnya saat pengajuan klaim dilakukan.

Sudah jelas bukan, gambaran layanan yang bisa Anda peroleh saat servis di bengkel resmi? Jika Anda membeli motor baru dan ingin kendaraan tersebut awet, sebaiknya jangan menunggu kendaraan ini terkena masalah untuk membawanya ke bengkel terdekat. Buat jadwal servis sesuai anjurkan dan siapkan dana yang dibutuhkan.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.